Multiple Myeloma, Kanker Darah Mengerikan
Headlines News :
Home » , » Multiple Myeloma, Kanker Darah Mengerikan

Multiple Myeloma, Kanker Darah Mengerikan

Written By Unknown on Kamis, 13 November 2014 | 11:33 PM


Kanker myeloma sangat berbahaya, karena tergolong kanker darah. Di sumsum tulang, sel plasma sebenarnya menghasilkan antibodi yang melawan infeksi. Myeloma terjadi ketika sel plasma menjadi abnormal.

Sel yang abnormal membelah untuk membuat salinan-salinan dari dirinya sendiri. Sel-sel yang baru membelah berulang-ulang, membuat semakin banyak sel-sel abnormal. Sel-sel plasma abnormal ini disebut sel-sel myeloma.

Pada waktunya, sel-sel myeloma berkumpul dalam sumsum tulang. Mereka mungkin merusak bagian yang padat dari tulang. Ketika sel-sel myeloma berkumpul pada beberapa tulang, penyakitnya disebut "multiple myeloma". Penyakit ini mungkin juga membahayakan jaringan-jaringan dan organ-organ lain.

Sel myeloma dapat tumbuh subur di sumsum tulang. Kondisi tubuh penderita akan mengalami masalah seperti nyeri tulang, anemia, patah tulang, imunitas menurun, gejala penyakit hypercalcemia, insufisiensi ginjal, dan proteinuria.

Penyakit ini menyerang pria dan wanita, dan biasanya ditemukan pada usia di atas 50 tahun. Gejala seseorang yang menderita myeloma dimulai dengan:

1. Infeksi. Penderita penderita multiple myeloma rentan mengalami infeksi pernapasan dan infeksi saluran kemih, penanganan yang terlambat dapat mengakibatkan kematian. Segera lakukan pemeriksaan bila Anda mengalami anemia, nyeri tulang, dan pendarahan.
2. Anemia. Sumsum tulang belakang penderita multiple myeloma biasanya mengalami tekanan sehingga mengakibatkan anemia.
3. Gangguan tulang seperti nyeri tulang, patah tulang, massa lokal, bahkan kelumpuhan.
4. Hiperkalsemia, menunjukkan gejala seperti kelelahan, muntah, sembelit, kebingungan, poliuria, dan gejala lainnya.
5. Gangguan fungsi ginjal
6. merasa sangat haus
7. Kehilangan berat badan
8. Sering buang air kecil

Adakah cara pencegahannya? Seperti umumnya kanker, cara menghindari multiple myeloma hanya dengan memerhatikan pola hidup sehat. Hindari rokok dan alkohol berlebih, serta rajinlah melakukan olah raga teratur. Tak lupa yang paling penting, mengonsumsi makanan sehat terutama sayur dan buah-buahan. Kebiasaan menyantap makanan instan, atau junk food ditengarai memperbesar risiko kanker.
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Dikomentari

English French German Spain Italian Portuguese Korean Arabic
 
Copyright © 2014. AlbarruNews
Created by Creating Website Powered by Blogger