Tips Keuangan Bagi Pekerja Pemula
Headlines News :
Home » » Tips Keuangan Bagi Pekerja Pemula

Tips Keuangan Bagi Pekerja Pemula

Written By Unknown on Minggu, 09 November 2014 | 5:41 PM

Gaji pertama bagi pekerja pemula seperti air mengalir. Sangat mudah dihabiskan. Biasanya, berbagai barang mewah dan hal-hal yang tidak begitu penting menjadi barang target.

Itu contoh salah. Padahal, awal karir merupakan waktu terbaik untuk mengatur keuangan. Ini sebagai bentuk perencanaan masa depan yang lebih baik.

Berdasarkan buku Generation Earn: The Young Professional's Guide to Spending, Investing, and Giving Back yang dikutip dari US News, Kamis, 25 September 2014, ada cara untuk mengatasinya. Berikut tips perencanaan keuangan bagi para pekerja pemula:

1. Simpan sepertiga gaji


Setiap US$ 3 yang Anda terima, sisihkan US$ 1 untuk simpanan di bank. Mungkin saat ini masih terlihat kecil, tetapi jika tabungan tersebut sudah menahun maka segala kondisi di masa depan bisa Anda antisipasi. Misalnya, ketika nanti anak sakit, terkena PHK, atau ingin memulai berbisnis.

Penghematan ini memang memerlukan pengorbanan beberapa kemewahan yang ingin dinikmati. Tetapi ke depannya cara ini mampu mengamankan finansial nanti.

2. Jangan lakukan penghematan yang menghambat karir

Lakukan penghematan untuk beberapa keperluan yang tidak terlalu penting. Jangan sesuatu yang mendukung produktivitas. Misalkan, jangan potong biaya pendidikan anggaran buku-buku untuk meningkatkan pengetahuan, anggaran pakaian kerja yang digunakan saat bertemu orang-orang penting, bahkan biaya asisten rumah tangga jika dia mampu memberikan waktu tambahan bekerja.

3. Mulai Wujudkan mimpi paling ambisius

Alasan utama banyak orang yang tidak mencapai tujuan keuangan jangka panjang adalah mereka tidak mau mewujudkan apa yang mereka inginkan.

Mulailah merajut mimpi-mimpi sedini mungkin. Tukar pendapat dengan orang lain dan orang terdekat yang telah memiliki pengalaman melebihi Anda.

4. Lunasi semua pinjaman saat masih berkuliah

Ada beberapa orang yang ketika masih menjadi mahasiswa mengambil pinjaman lunak dari bank. Untuk itu, begitu mendapatkan gaji pertama, siapkan porsi pembayaran cicilan utang tersebut.

5. Jangan menunggu berinvestasi ketika memiliki uang tambahan

Tidak ada salahnya mulai membuka tabungan pensiun, meski Anda masih jauh dari usia pensiun. Tingkatkan persentase tabungan ini seiring dengan meningkatnya penghasilan Anda.

6. Jangan lupa beramal

Seperti prinsip segala yang ada di bumi akan kembali ke bumi, begitu pun dengan gaji yang Anda terima. Maka jangan lupa sisihkan sebagian hasil yang Anda terima untuk memberi kepada sesama. Bentuknya bisa berupa apa saja, misalkan sumbangan ke lembaga amal.

Sumber: dream
Share this article :

0 komentar:

Silahkan Dikomentari

English French German Spain Italian Portuguese Korean Arabic
 
Copyright © 2014. AlbarruNews
Created by Creating Website Powered by Blogger